Saturday, March 15, 2014

Ceramah Tentang Penyakit Hati




hi, namaku Adit. orang narsis yang aneh. hehe.... aku ini pemain basket amatir dan comic amatir, maklumlah aku ini kan masih imut kayak marmut.. oke ya, udah dulu perkenalannya.
anyway, by the way, busway. adity mau posting tentang materi ceramah aku kemarin dalam rangka memperingati maulid nabi. ya bantu-bantu untuk teman-teman yang newbie seperti aku yaa. :) usahakan ceramahnya disampaikan secara lisan ya teman.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Alhamdulillahi rabbil-'alamin was salatu was salamu 'ala ashrifil anbiya wal-mursalin nabiyina Muhammad wa 'ala alihi wa sahbihi ajma'in. Amma ba'ad.

puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah swt karena atas rahmat dan hidayahnya kita masih bisa berkumpul di lapangan SMPN 1 Gunung Megang dalam keadaan sehat wal 'afiat. amin YRA. salawat beriring salam tak lupa kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad saw beserta pengikutnya yang setia sampai akhir zaman.

hmm, kalau saya tanya apa kabar, rekan-rekan semua jawab "alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar"
apa kabar? (alhamdulillah, luar biasa, allahu akbar) alhamdulillah rekan-rekan semua masih sehat ya.. :)

perkenalan diri dulu ya.
nama saya charles, nama panjang saya charleeeeeeesss, nama alay saya charles chicowokyangclaluceria add fb saya Aditya Ade Pratama itu nama samaran saya. oh ya saya  tinggal di london. pekerjaan saya mencari berkah dari Allah swt. saya ini terserang penyakit yang namanya BDB. belum dapat berkah. maka dari itu saya ingin mencari berkah dari allah dengan menyampaikan sedikit pencerahan kepada teman-teman semua.


ada yang tau apa materi saya hari ini? sebentar, saya lupa materi saya.. apa ya (pura-pura membuka kertas, padahal kertas kosong :D).
materi saya yaitu penyakit hati. ada yang tau macam-macamnya? iri, dengki, malas, lalai, dan teman temannya ya.
nah pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang penyakit hati yang namanya lalai.
ada yang tau apa itu lalai? lalai itu temannya roti. oh salah itu selai ya. hehehe.. nah pengertian dari lalai itu adalah pekerjaan menunda pekerjaan dan waktu yang merupakan penyakit hati yang sangat tidak disukai oleh allah. lalai itu temannya malas/manusia lupa segalanya.
saya punya ilustrasi bigini
katakanlah si A dibelikan hp baru oleh orang tuanya. katakanlah bb Blackbelor blacberry ya.
nah karena keasyikan semeesan dan facebook (baca: fa-ce-bo-ok logat indonesia) jadi si A ini lupa segalanya, dia lupa sholat, lupa kalau disuruh orang tuanya belanja ke warung, lupa tugas sekolah dan pr. lupaaaaa semuanya.
nah saya punya cerita nih. mau tau?
ceritanya begini sobat. diriwayatkan rasulullah saw sedang duduk bersama para sahabat lalu datanglah seorang pemuda arab menghampiri rasul sambil menangis. lalu rasul bertanya "wahai anak muda, mengapa kamu menangis?" pemuda menjawab "ya rasulullah, aku menangis karena ayahku meninggal dunia dan tidak ada kai kafan, tidak ada yang memandikat jasadnya". singkat cerita, rasul menyuruh umar r.a dan abu bakar siddik r.a ke rumah pemuda tersebut. terkejutlah kedua sahabat nabi. mereka tidak melihat jasad manusia, tetapi telah berubah menjadi seekor babi hutan berwarna hitam. bahasa inggrisnya apa ya? tenok..
sahabat kembali ke masjid dimana rasulullah berada dan memberitahu apa yang mereka lihat. terkejutlah rasul dan rasul mengajak sahabat untuk ke rumah pemuda tersebut. kemudian rasul mengajak sahabat untuk menyolatkan dan mendo'akan mayit tersebut. ajaibnya dgn kekuasaan allah, jasad tersebut berubah menjadi bentuk manusia seutuhnya. kemudian dibawalah ke pemakaman untuk dikebumikan. ketika hendak dimakamkan, jasad tersebut berubah wujud menjadi seekor tenok babi hutan yang hitam. lantas rasul bertanya "wahai orang muda, apakah yang menyebabkan ayahmu seperti ini? apa yang diakukannya selama di dunia?" pemuda menjawab "ya rasulullah, sebenarnya ayah saya ini lalaidalam sholatnya" lalu rasul mengingatkan kepada para sahabat agar tidak melalaikan sholat, karena allah akan mengubah rupa kita menjadi seekor babi hutan yang hitam di akhirat kelak. na'udzubillahi minzalik.

nah, ada 3 orang yang termasuk orang-orang yang lalai dan merugi :
1. orang yang punya hati, tetapi tidak digunakan untuk merasakan ayat-ayat allah
2. orang yang punya mata tetapi tidak digunakan untuk melihat kekuasaan allah
3. orang yang punya telinga tetapi tidak digunakan untuk mendengarkan ayat-ayat allah

rasulullah SAW bersabda yang artinya
"pasti akan ada segolongan orang yang meninggalkan sholat jum'at, lantas Allah kunci hati-hati mereka sehingga menjadi orang-orang yang lalai." (H.R. Muslim)

rekan-rekan sekalian,
supaya kita tidak termasuk orang-orang yang lalai, ada baiknya kita memperbaiki diri dalam peringatan maulid nabi ini menjadi orang yang baik dan lebih baik lagi.

karena menurut saya logika itu dapat mengalahkan fakta, mengapa? karena di akhirat kelak ada yang namanya jembatan shiratal mustaqim. jembatan itu penghubung ke surga tebalnya bagaikan sehelai rambut dibelah tujuh. bagaimana kita melewatinya? kita melewatinya dengan memperbanyak bekal di dunia, bukan bekal nasi bungkus yang biasa kita bawa ke sekolah ya, hehe. bekal ini berupa memperbanyak ibadah kepada allah, perbanyak dzikir, amalan-amalan baik di dunia, puasa, zakat, dll. semoga kita digolongkan menjadi calon penghuni surga amin YRA. karena semua orang ingin masuk surga tetapi tidak semua orang mau mati.

demikianlah ceramah yang sedikitagak merepotkan dari saya, apabila ada yang kurang mohon ditambahkan dan bila ada yang lebih mohon dikurangkan
akhir kata
wassalamu'alaikum wr. wb.

prof.ir.h.m. aditya ade pratama putra badaruddin 2, s.pd, se, s.sos,s.cendol, s doger, m. pd. m,si. ccw sml dkr wsy wow

No comments:

Post a Comment