Saturday, March 15, 2014

Teks Rumpang



Teks rumpang adalah bentuk latihan untuk menentukan kata yang tepat untuk melengkapi paragraf/teks rumpang bentuk recount/narrative/descriptive /procedure/report. Memilih kata yang paling tepat untuk melengkapi paragraf/teks bukanlah hal yang sulit. Kalian harus jeli memahami makna kalimat serta pilihan jawaban yang logis. Agar kalian lebih memahami, perhatikanlah hal-hal berikut.
1. Apabila berupa kata benda (noun), perhatikan apabila noun tersebut jamak atau tunggal, countable (dapat dihitung) atau uncountable (tidak dapat dihitung), kemudian sesuaikan dengan kata kerjanya.
2. Apabila berupa kata kerja (verb), perhatikan tense kalimat, apakah berbentuk lampau (past), yang akan datang (future), continuous, dan lain sebagainya. Sesuaikan pula dengan subjek kalimat.
3. Apabila berupa kata ganti (pronoun), perhatikan verb yang mengikuti pronoun tersebut.
4. Apabila berupa kata benda, kata kerja, kata keterangan, atau kata depan yang sesuai untuk melengkapi kalimat, pahamilah makna dan konteks kalimat.
5. Perhatikan makna dan teks secara keseluruhan
*tips: lihatlah kata sebelum dan sesudah teks yang rumpang, jangan ceroboh langsung memilih tanpa membaca

contoh soal:
   
          Yesterday was a terrible day for me. I (1) . . . up late. So I went to school in a hurry. I rode (2) . . . fast to arrive at school as the bell rang. However, when the teacher asked us to submit our homework, I remembered that I left mine at home. To prove I did the homework the teacher asked me to submit the homework (3) . . . after school. so when the bell rang, I went back home to fetch my homework.
 (Ujian Nasional 2012/2013)
1. A. picked                                  C. woke
    B. stood                                    D. took

jawaban: C, alasannya kata woke bergabung dengan kata up dalam kalimat soal sehingga membentuk phrasal verb 'woke up' yang artinya bangun.

2. A. pony                                 C. feet
    B. bike                                  D. cart
jawaban: B, alasan karena ada kata 'rode' bentuk verb 2 dari ride yang artinya mengendarai dan keterangan selanjutnya .... fast to arrive at school. Apa yang dikendarainya untuk sampai ke sekolah? ya tentu saja sepeda/bike. Tidak mungkin mengendarai pony.

3. A. accidentally                       C. immediately
    B. correctly                           D. finally
jawaban: C, karena artinya adalah dengan segera. pada kalimat yang tepat adalah ..."guru menuyuruk saya untuk mengumpulkan pr .... setelah pulang sekolah" kalimat yang tepat untuk melengkapinya adalah dengan segera/immediately.
 
thank you for visiting, next time I will share you about "Rearranging Sentences"

Daftar Pustaka:

Kurniawati, Cicik dan Bachtiar B.M. 2013. Detik Detik Ujian Nasional Bahasa Inggris Tahun Pelajaran             2013/2014. Klaten: Intan Pariwara

No comments:

Post a Comment